Header Ads

BUKTI KUALITAS TERIPANG BANGKA BELITUNG NOMOR SATU DI DUNIA


Teripang yang merupakan salah hasil laut Bangka Belitung (Babel) dalam waktu dekat akan menjadi salah satu komoditas unggulan yang akan diekspor ke luar negeri. Salah satu negara yang sudah siap mengimpor Teripang asal Babel ini adalah Jepang.

Menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPMD) Pemprov Babel, Drs. Zakaria, rencana dikirimnya Teripang Babel ke negeri Sakura tersebut terkait wancana investor asal Jepang untuk mengimpor produk olahan hasil laut Babel tersebut.

"NGO (Non Government Organization-red) yaitu Asia Fair Society Planning Organization (AFSO) Jepang siap untuk memfasilitasi perdagangan Teripang dari Babel ke negara Jepang. Hal ini telah dibahas dan dilakukan rapat antara pihak AFSO, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP-red) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag-red)," kata Zakaria Senin (23/5).

Dia menuturkan, eksportir tersebut akan turun ke lapangan Juli mendatang untuk melihat langsung mutu Teripang yang diolah kelompok nelayan lokal Babel. Menurutnya, ketertarikan investor Jepang untuk mendatangkan Teripang ke negara mereka disebabkan potensi bisnis Teripang yang besar. 

"Bahkan beberapa pejabat AFSO ini telah melakukan kunjungan ke balai laboratorium pengujian mutu hasil perikanan Babel di pelabuhan Ketapang, Pangkalbalam. Nantinya balai ini akan dijadikan tempat uji mutu produk Teripang yang dihasilkan nelayan untuk kemudian dikemas dan diekspor," katanya.

Dikatakan juga oleh Zakaria, sebagai langkah awal investor Jepang telah mengambil sampel teripang yang dihasilkan oleh KUD Mina Nasional, Ketapang, Pangkalbalam.

"Semoga saja untuk nanti hasil teripang kita bagus ya, sehingga bisa diekspor dalam jumlah besar ke Jepang, karena kita tahu bahwa potensi teripang di Babel ini cukup potensial untuk diekspor," pungkasnya.

No comments

Powered by Blogger.